UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN 033 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SDN 033 Tarakan

Pengarang : Herniwati Becce

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana melalui media gambar mind mapping pada siswa kelas iv sdn 033 juata laut tarakan. penelitian dilaksanakan mulai 20 juli sampai 07 september 2012 pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. penelitian dilakukan dalam beberapa tahap; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. instrumen penelitian ini yaitu; lembar pengamatan dan tes mengarang. berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama adalah 65 dan pada siklus kedua menjadi 80.8. hal ini menunjukkan bahwa siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan pada penelitian ini dan motivasi siswa meningkat melalui penggunaan media gambar mind mapping. berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media gambar mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan sederhana pada siswa kelas iv sd negeri 033 juata laut tarakan. kata kunci: media gambar mind mapping, hasil belajar siswa

Abstrak Indonesia

The design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve students’ writing achievement through picture of mind mapping at fourth grade students of sdn 033 juata laut tarakan. the research was done from 20 july to 07 september 2012 in odd semester 2012/2013. this research was done into some steps; planning, implementing, observing, and reflecting. the research instruments were observation sheet and test. based on the result of study in first cycle the students’ score was 65 and the second cycle was 80.8. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using picture of mind mapping. by understanding the result of this study, it can be concluded that picture of mind mapping model can improve the students’ writing achievement at fourth grade student’ of sd negeri 033 tarakan. keywords: pictures of mind mapping, students’ achievement