UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pada Siswa Kelas V-B SDN 012 Tarakan

Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pada Siswa Kelas V-B SDN 012 Tarakan

Pengarang : Harmono Raharjo

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantuan multimedia pada pembelajaran pkn pokok bahasan menghargai dan menaati keputusan bersama kelas v-b sdn 012 tarakan tahun pembelajaran 2012/2013. subjek penelitiannya adalah siswa kelas v-b sdn 012 tarakan dengan jumlah 29 siswa, siswa laki-laki 13 dan siswa perempuan 16. penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. model pembelajaran yang digunakan adalah menerapkan pembelajaran cooperative learning tipe stad (student teams achievment division). hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan motivasi siswa masih dikategorikan kurang. setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii, pencapaian motivasi siswa dalam pembelajaran meningkat dari siklus i dengan hasil 79% siswa termotivasi dengan kriteria tinggi. siklus ii terjadi peningkatan dengan hasil 100% siswa termotivasi dengan kriteria tinggi, kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe stad (student teams achievment division) berbantuan multimedia pada pembelajaran pkn siswa kelas v-b sdn 012 tarakan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. kata kunci: motivasi, pkn, cooperative learning, stad

Abstrak Indonesia

This research aims to improve students' motivation to use cooperative learning model multimedia aided learning in teaching the subject pkn respect and abide by the decision with v-b class learning sdn 012 tarakan year 2012/2013. subject of research is class v-b sdn 012 tarakan by the number of 29 students, 13 male students and 16 female students.research conducted by 2 cycles, where each cycle activities include planning, action, observation, evaluation, and reflection. learning model used is to apply the learning stad type of cooperative learning (student achievment division teams). results of this study showed an increase in student motivation. can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action is still considered less motivated students. after the action on cycle i and ii cycle, achieving increased student motivation in learning from cycle i to the results 79% of students are motivated by high criteria. ii cycles increased by 100% results motivated students with high criteria, conclusion of this study is the use of class action learning model stad type of cooperative learning (student teams achievement division) multimedia aided learning vb pkn graders sdn 012 tarakan can enhance learning motivation students. keywords: motivation, pkn, cooperative learning, stad