UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness of KWL (Know,Want to Know,Learned) Strategy on Reading Comprehension of Narrative Text at Ninth Grade Students of SMPN 1 Tarakan in Academic Year 2018/2019

The Effectiveness of KWL (Know,Want to Know,Learned) Strategy on Reading Comprehension of Narrative Text at Ninth Grade Students of SMPN 1 Tarakan in Academic Year 2018/2019

Pengarang : Anisa Putri Pertiwi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari keefektifan dalam penggunaan kwl strategi untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada naratif text siswa kelas sembilan di smpn 1 tarakan. penelitian ini berbentuk percobaan (pra-eksperiment). peneliti mencari perbedaan dari pencapaian siswa dikelas sebelum dan setelah diajarkan menggunakan kwl (know,want to know,learned) strategi. subjek penelitian ini adalah siswa di kelas 9.8 yang terdiri dari 25 siswa. instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes membaca berupa pra ujian dan pasca ujian. di samping itu, peneliti menggunakan deskriptif analisis untuk menganalisis data dan spss 23.0 digunakan untuk analisis statistik. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor rata-rata antara pra tes dan pos tes.hal ini dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. rata rata skor yang diperoleh siswa di pra tes adalah 63.04 dan 80.00 di pos tes. artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu sebesar 16.96 poin.dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata siswa pada pos tes lebih tinggi daripada pra tes dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari nilai membaca siswa antara pra tes dan pos tes. hasil dari paired sample test menunjukkan bahwa hasil t-test (4.104) lebih tinggi dari t-tabel (2.064). hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaansignifikan dari penggunaan kwl strategi dalam pembelajaran dimana strategi ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, membantu siswa dalam memahami sebuah bacaan dengan mudah, dan membangun siswa dalam berpikir kritis. kemudian dapat disimpulkan bahwa kwl strategi terbukti efektif meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sembilan di smpn 1 tarakan.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to look for theeffectiveness of using kwl strategy to improve students' reading comprehension in the ninth grade on narrative text in smpn 1 tarakan. this research was in the form of pre-experiment. in this research, the researchers tried to find out the differences before and after being taught using the kwl strategy. the subjects of this study were students in grade 9.8 which consisted of 25 students at smpn 1 tarakan in academic year 2018/2019. the instruments were reading tests that included pre-test and post test. besides that, the researcher used descriptive analysis to analyze the data and spss 23.0 for statistical analysis. the results of this study indicated that there were differences between pretest and posttest. it was proven by the results of the students mean score. the students’ mean score in pretest were 63.04 and 80.00 at the posttest. it means the improvement of the students’ mean score was 16.96 point. the scores in posttest was higher than the pretest scores. it showed that there was a significant difference from students’ reading score between pretest and posttest. the results of the paired sample test indicate that the t-test (4.104) higher than t-table (2.064). in this research, the researcher also found there was significant differences from the use of kwl strategies in learning. this strategy was able to improve students' enthusiasm, helped students understand to text easily, and builded students critical thinking. then it can be concluded that the kwl strategy has proven to be an effective strategy for increasing reading comprehension in ninth grade students at smpn 1 tarakan.