
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dalam Mengidentifikasi Cerita Rakyat “Sangkuriang” Melalui Media Audio Visual Siswa Kelas V SDN 010 Tarakan
Pengarang : Fauzianah Fathanah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas v sdn 010 dalam cerita rakyat “sangkuriang” melalui media audio visual tahun pembelajaran 2012/2013. penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, yang dilaksanakan mulai mulai dari tanggal 14 mei 2012 s.d 5 juli 2012. penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (ptk) yang terdiri dari 2 siklus. objek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa v sd negeri 010 tarakan, kelas v yang terdiri atas 23 siswa dan dilaksanakan pada semester ii tahun ajaran 2012/2013. sementara itu objek pada penelitian tindakan kelas ini adalah mengenai penerapan pembelajaran bahasa indonesia dengan mengunakan media audio visual pada materi pelajaran cerita rakyat “sangkuriang” dalam hal mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada di dalam cerita rakyat. berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa hasil pencapaian belajar siswa melalui media audio visual adalah baik. hal ini dibuktikan dengan penjelasan bahwa meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas v sdn 010 tarakan dalam cerita rakyat ”sangkuriang” dapat ditingkatkan dengan penggunaan media audio visual. hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan nilai rata rata kelas dari pelaksanaan tahap kegiatan pembelajaran pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 64 dan ketuntasan belajar mencapai 39,13 % atau ada 9 siswa dari 23 siswa sudah tuntas belajar dan pada pelaksanaan siklus 2 ini dijelaskan diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 78 dan ketuntasan belajar mencapai 86,95% % siswa sudah tuntas belajar atau ada 20 siswa dari 23 siswa sudah tuntas belajar dan masih ada 3 siswa yang belum tuntas. hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus 2 ini ketuntasan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan lebih baik dari siklus 1. penggunaan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bahasa indonesia pada pokok bahasan materi mengidentifikasi unsur intrinsik cerita rakyat. keaktifan siswa terlihat pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. kata kunci: menyimak, cerita rakyat, media audio visual
Abstrak Indonesia
The purpose of this study to improve listening skills sdn 010 fifth grade students in folklore "sangkuriang" through audio-visual media learning year 2012/2013. the research was conducted for 3 months, which is held from starting from the date of may 14, 2012 till july 5, 2012. this research is classroom action research (car), which consists of 2 cycles. objects in the classroom action research is a 010 student elementary school tarakan v, class v consisting of 23 students and is the second semester of academic year 2012/2013. while the objects in this classroom action research is about the application of learning indonesian by using audio-visual media on the subject matter folklore "sangkuriang" in terms of identifying the intrinsic elements that exist in folklore. based formulation of the problem of the research and discussion, it was concluded that the achievement of student learning outcomes through audio-visual media is good. this is evidenced by the explanation that improve listening skills fifth grade students of sdn 010 tarakan in folklore "sangkuriang" can be improved with the use of audio-visual media. it can be seen from the results of the study have increased the average grade of the implementation phase of the learning activities in cycle 1 obtained average value is 64 student achievement and mastery learning reached 39.13% or there are 9 students from 23 students already thoroughly studied and the implementation of the second cycle are described obtained average value student achievement and mastery learning is 78% to reach 86.95% of students already studying or have completed 20 students from 23 students have thoroughly studied and there are still students who have not completed 3. these results indicate that the 2-cycle in the classical mastery learning have improved better than cycle 1. the use of props can increase the activity of students towards learning indonesian in identifying the subject matter intrinsic elements of folklore. student activity seen in the observation of the student activity showed a significant increase. keywords: listening, folklore, media audio visual