
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Materi Peristiwa Alam Di SDN 012 Tarakan
Pengarang : Erlianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa pada materi peristiwa alam pada subjek penelitian tindakan kelas (ptk) kelas v-c sdn 012 tarakan. berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) hasil belajar ipa siswa masih rendah (belum mencapai kkm), (2) proses pembelajaran masih berpusat pada guru, (3) siswa merasa bosan mengikuti kegiatan belajar mengajar dan (4) siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. teknik penumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembejaran. persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 69% meningkat menjadi 93%. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran make a match pada pembelajaran ipa materi peristiwa alam di kelas v-c sdn 012 tarakan meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, ipa, model pembelajaran make a match
Abstrak Indonesia
The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement on nature phenomenon through make a match model at fifth grade students of sd negeri 012 tarakan. the research was done from 20 to 30 may 2013in even semester 2012/2013. this research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. the number of research object was 26 students. the research instruments were observation sheet and test. based on the result of study in first cycle the students’ score was 69% and the second cycle was 92% of the students who gained the minimum score. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by make a match model. by understanding the result of this study, it can be concluded that the make a match model can improve the students’ achievement on nature phenomenon at fifth grade students of sd negeri 012 tarakan. keywords: make a match, students’ achievement