
Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dengan Kartu Huruf Pada Siswa Kelas IB SD Negeri 049 Tarakan
Pengarang : Enik Krisdiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian pembelajaran bahasa indonesia meningkatkan hasil belajar membaca dengan kartu huruf ini merupakan salah satu model pembelajaran bernuansa pakem (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan). penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas ib sdn 049 tarakan semester i tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (tertulis dan lisan) dan nontes (lembar observasi guru dan siswa), dan instrumen validasi isi. hasil penelitian dianalisis menggunakan statisik deskriptif (sederhana), yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan. hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa indonesia pada belajar membaca dengan kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas ib sdn 049 tarakan pada semester i tahun pembelajaran 2011/2012. hasil belajar siswa kelas ib sdn 049 tarakan semester i tahun pembelajaran 2012/2013 mata pelajaran bahasa indonesia yang diajarkan dengan menggunakan kartu huruf mengalami peningkatan. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus i diperoleh hasil belajar anak 21 siswa dan hasil presentasi ketuntasan 62,5% atau 12 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 36,3%. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kemampuan membaca) pada siklus ii yaitu 28,4% dari 62,5% pada siklus i menjadi 90.9% pada siklus ii. kata kunci: membaca, bermain, kartu huruf
Abstrak Indonesia
The material survey for indonesian language was growed product in reading learn wit this word card that’s one of model by the sistem (pakem), its material active learning, inovative, creative and happinets. in the activities survey used sistem classroom action reseacch with two siclus. the survey subject was grade ib sdn 049 tarakan at semester i was material learning on 2012 to 2013. the total persons 33 consist of from 18 boys student and 15 girls student. for final data technique by test tecniqueon writing and speaking and non test (that’s observation teacher and students) and instrument volue validation. at the analisist product survey used statistic simple descriptive were presentation technique and with standard relation where that’s planed. it was producted survey that’s material indonesian language on the reading learn with word card can growing learn product to the student at grade ib sdn 049 tarakan on the semester i for material learn indonesia language 2012/2013. the study production student at grade ib sdn 049 tarakan on material learn for indonesian language lesson 2012/2013 was teached with used word card growing found. that’s survey production in the activities siclus i find from learn product from 21 students and final production presentation 62,5% or 12 student not final with 36,3%. from survey production that was happen it learnproduction growing (reading ablelities) at siclus ii it was 28,4% from 62,5% on siclus i become 90,9% on the siclus ii. keywords: reading, playing, word card