UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 024 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 024 Tarakan

Pengarang : Bisrah Fitriansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan ribuan pada subjek penelitian tindakan kelas (ptk) kelas iv-c sdn 024 tarakan. berdasarkan hasil observasi ditemukan adanya permasalahan, yaitu (1) siswa menganggap pelajaran matematika sulit dan menakutkan, (2) pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif, (3) aktifitas siswa hanya mendengarkan dan menulis apa yang disampaikan oleh guru dan siswa merasa bosan dan jenuh sehingga kurang merespon materi yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembejaran. presentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 67% meningkat menjadi 82% pada siklus ii. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) pada pembelajaran matematika materi bilangan ribuan di kelas iv-c sdn 024 tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, matematika, model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt)

Abstrak Indonesia

The purpose of this study to incrase the result of study mathematic subject in matery numeral in thousand in subject of classroom action research class iv-c sdn 024 tarakan. based on the result of observation it find set of problem there is (1) the student consider mathematic subject is difficult and hard (2) the learning still dominate by the teacher and use the lecture methode and without invole students actively (3) the students just listen and write what the teacher explain and students feel bored and tired so less responsive the matery explain by the teacher which is the outcomes of the student is lower. this research was conducted in two cycle, each consisting of planning, implementation measures, observations and reflections. data collection techniques used were tests and observation. the research instrument used is the achievement test, teacher observation sheets and activity observation sheets of student learning activities in the learning process. percentage in the mastery learning in the first cycle is 67% rising to 82% in the second cycle. the conclusion of this action research is cooperative learning model team games tournament (tgt) on mathematic learning in numeral in thousand material in class iv-c sdn 024 tarakan can improve student learning outcomes. keywords: learning outcomes, mathematic, cooperative learning model team games tournament (tgt)