UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Tema Peristiwa Melalui Metode Eja Di Kelas 1A SDN 006 Kampung Empat Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Tema Peristiwa Melalui Metode Eja Di Kelas 1A SDN 006 Kampung Empat Tarakan

Pengarang : Barul Ridho Rizkina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini berjudul “meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada tema peristiwa melalui metode eja di kelas 1 sdn 006 kampung empat tarakan”, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca. metode pengumpulan data dengan menggunakan tes dan pengamatan. pengamatan digunakan untuk memperoleh gambaran secara langsung tentang aktifitas belajar siswa dalam kelas, tes digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa yang dilakukan diakhir materi tiap siklus. data yang dikumpulkan berbentuk kuantitatif yaitu nilai hasil evaluasi siswa. data dianalisis secara deskriptif. data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes setelah siklus i dan nilai tes setelah siklus ii. data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi dari tiap – tiap siklus. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas ia sdn 006 kampung empat tarakan mengalami peningkatan dengan batas kkm sebesar 73 dari hasil ketuntasan nilai siklus i hanya 19 siswa atau 63% dari 30 siswa, meningkat pada siklus ii menjadi 28 siswa atau sebesar 93%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eja dapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada tema peristiwa kelas ia sdn 006 kampung empat tarakan. kata kunci: hasil belajar, bahasa indonesia, metode eja

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to improve the students’ achievement on bahasa indonesia through spelling method at first grade students of sd negeri 006 tarakan. the research design of this research used classroom action research (car). the research was done from 13 may to 1 june 2013 in even semester 2012/2013. this research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. the research instruments were observation sheet and test. the number of students in one class consisted of 30 students. based on the result of study in first cycle the students’ score was 63% and the second cycle was 93% of the percentage of students who gained the minimum score. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ achievement was rising and priding by implementing cooperative learning type spelling method. by understanding the result of this study, it can be concluded that the spelling method can improve the students’ achievement on bahasa indonesia at first grade students of sd negeri 006 tarakan. keywords: spelling method, students’ achievement