UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Fenomena Perkembangan K-Pop Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2018

Fenomena Perkembangan K-Pop Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2018

Pengarang : Aulya Wahyuningsih

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana fenomena k-pop terhadap perilaku belajar mahasiswa biologi angkatan 2018. penelitian yang dilakukan di ubt dengan pendekatan deskriptif kualitatif pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi waktu untuk membantu dalam menganalisis dan pemeriksaan keabsahan data. objek dalam penelitian ini tiga orang mahasiswa pendidikan biologi 2018 lokal a. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena k-pop tidak mempengaruhi perilaku belajar pada 2 responden sedangkan pada 1 responden perilaku belajarnya dipengaruhi oleh k-pop. kata kunci: perilaku belajar, fenomena, k-pop, k-popers, motivasi

Abstrak Indonesia

This study aims to observe how the k-pop phenomenon affects the learning behavior of biology students in 2018. the research was conducted at the borneo university of tarakan using a qualitative descriptive approach. data collection was through observation, interviews, and documentation. the data were analyzed using the stages of data reduction, data presentation, verification, and triangulation to assist in analyzing and checking the validity of the data. the objects in this study were three biology education students of the 2018 a class. research results showed that the k-pop phenomenon did not influence learning behavior in 2 respondents while a respondent was influenced by k-pop. keywords: learning behavior, phenomenon, k-pop, k-popers, motivation