
Pengaruh Media Zoom-meeting Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Siswa Kelas 7 MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Nurfawati Pakan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Zoom-meeting merupakan media online dengan konsep screen sharing. zoom-meeting ini memungkinkan pengguna bertatap muka dengan lebih dari 100 orang partisipan dan terhubung dengan peserta langsung ke dalam ruangan yang sama dan melakukan proses pembelajaran. zoom-meeting adalah media yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi di manapun dan kapanpun dengan banyak orang tanpa harus bertemu fisik secara langsung. penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media zoom-meeting terhadap pemahaman konsep belajar siswa kelas 7 mts negeri tarakan. penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu atau (quasi experiment). teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa, yaitu kelas vii-c sebagai kelas eksperimen dan vii-d sebagai kelas kontrol. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media zoom-meeting terhadap pemahaman konsep belajar siswa kelas vii mts negeri tarakan dengan nilai signifikansi yang di peroleh thitung 2.755. pada taraf signifikansi α = 0,05 dan df = 57 di peroleh nilai ttabel 1.672 berarti thitung ≥ ttabel (2.755 ≥ 1.672). adanya pengaruh pada uji yang dilakukan terhadap pemahaman konsep disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal seperti kecerdasan masing-masing siswa menjawab soal sedangkan factor eksternal berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan sekolah dan peran pendidik yang telah merancang pembelajaran dengan baik sehingga peserta didik tertarik mengikuti pelajaran. kata kunci : media zoom-meeting, pemahaman konsep belajar
Abstrak Indonesia
Zoom-meeting is an online media with the concept of screen sharing. this media allows users to meet face to face with more than 100 participants and connect with participants directly in the same room and do the learning process. zoom-meeting is a medium that can support communication needs and anytime with many people without having to meet physically directly. this research aimed to analyze the effect of e-learning-based learning media on understanding of the concept of learning among 7th grade students of mts negeri tarakan. this research was included in pseudo experimental research or quasi experiment. the population comprised all 100 students in the 7th grade of mts negeri tarakan. purposive sampling approach was employed to determine the sample. there were 59 students in the class that served as the sample for this study, with class vii-c serving as the experimental class and class vii-d serving as the control class. data collection techniques used were observation, test, and documentation. data were examined using an independent sample t-test. the results of the analysis showed that there was an influence of the media on the understanding of the concept of learning of the 7th grade students at mts negeri tarakan with a significance value of 2.755 and a t-table value of 1.672, meaning that t-count t-table (2.755 1.672). the effect of the test on the understanding of the concept was caused by two factors, namely internal factors such as the intelligence of each student answering questions while external factors come from outside the student such as the school environment and the role of education that has designed learning well so that students were interested in following lesson. keywords: zoom-meeting. understanding learning concepts, students