
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Channel Youtube Dengan Konten Pendidikan
Pengarang : Rifky Ocanther
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Pembelajaran daring merupakan salah satu bentuk alternatif dari pembelajaran yang menggunakan fasilitas internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. pada dasarnya proses pembelajaran online dalam pelaksanaanya membutuhkan dukungan dari beberapa macam perangkat mobile seperti smart phone, tablet, laptop, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk mengakses informasi. penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap channel youtube dengan konten pendidikan. jenis penelitian ini adalah penelitian fenomologi dengan metode kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2019 dan 2020 di universitas borneo tarakan dengan jumlah 33 mahasiswa yang menggunakan youtube sebagai sumber belajar pada masa covid-19 di era pembelajaran daring. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa menyatakan bahawa youtube dengan konten pendidikan lebih mudah dan cepat diakses untuk membantu mahasiswa dalam mencari sumber belajar. meskipun demikian, mahasiswa harus memilah video pembelajaran dengan karateristik tertentu sesuai dengan kebutuhan. kata kunci : persepsi, youtube, konten pendidikan
Abstrak Indonesia
Online learning is an alternative form of learning which exploits internet facilities with accessibility, connectivity, flexibility, and ability to pop up various types of learning interactions. basically, the online learning procces in its implementation requires support from several kinds of mobile devices such as smartphones, tablets, laptops, and other that can be used to access information. the present research aimed to present the perception of biologi education student towards youtube channels witheducational content. this type of reserch was phenomenological reserch with a qualitative method. the subjects were the biology education students from the class of 2019 and 2020 of borneo tarakan university with a total of 33 students who used youtube as learning resource during the covid-19 pandemic in the era of online learning. the result of this reserch indicated that the average of students stated that youtube with educational content was easier and faster to acces to help them find learning resources. however, the students had to select learning videos with certain characteristics according to their needs. keywords : perseption, youtube, educational content