
Pengaruh Shopee Pay, Testimoni Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Tarakan)
Pengarang : Wahyu Suryo Agung Prabowo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh shopee pay, testimoni dan iklan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi shopee di kota tarakan dengan total 239 responden. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. pengukuran variabel pada penelitian ini menggunakan skala likert. metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan program spss versi 16.0. hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel shopee pay berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena nilai t hitung > t tabel dengan nilai 4,810 > 1,651. testimoni berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena memiliki nilai t hitung > t tabel dengan nilai 6,109 > 1,651 dan untuk variabel iklan juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian karena memiliki nilai t hitung > t tabel dengan nilai 4,462 > 1,651. berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk ketiga variabel tersebut maka dapat disimpulkan bahwa variabel shopee pay, testimoni dan iklan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi shopee. kata kunci : shopee pay, testimoni, iklan, keputusan pembelian
Abstrak Indonesia
This study aimed to test the effect of shopee pay, testimonials and advertisements on purchasing decisions for shopee application users in tarakan city with a total of 239 respondents. this research used a quantitative approach with a survey method.the variable measurements in this study used the likert scale. the analysis method was multiple regression analysis which was processed using the spss program version 16.0.the results of hypothesis testing showed that the shopee pay variable had a partial effect on purchasing decisions because the t-test value > t-table value with a value of 4,810 > 1,651. the testimonials had a partial effect on purchasing decisions because it had a t-count value > t-table with a value of 6,109 > 1,651. then,for advertising variables, it also partially affected the purchase decision because it had a calculated t- test value>t-table with a value of 4,462 > 1,651.based on the results of hypothesis testing for these three variables, it can be concluded that shopee pay variables, testimonials and advertisements had a simultaneous effect on purchasing decisions for shopee application users. keywords : shopee pay,testimonials,advertisements, purchase decision.