
Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMPN 2 Pujungan
Pengarang : Genius
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini dimulai dari permasalahan implementasi kurikulum 2013 di smpn 2 pujungan, dimana sekolah tersebut baru menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2018/2022. selain baru menerapkan kurikulum 2013, berada di daerah pelosok dan terpencil tentu membuat sekolah ini menghadapi berbagai kesulitan. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di smpn 2 pujungan. jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di smpn 2 pujungan. fokus penelitian ini adalah kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di smpn 2 pujungan. adapun sumber data penelitian ini berupa data primer dan data skunder dangn informan yaitu kepala sekolah, guru kelas vii dan guru kelas viii. teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. penelitian ini mengunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduktif data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 seperti kesulitan dalam mendapatkan pelatihan dan pedoman pelaksanaan, kesulitan akan sarana dan prasarana, kesulitan membuat media, kesulitan dalam proses pembelajaran, kesulitan dalam menguasai it muncul dan dialami oleh guru smpn 2 pujungan. kesulitan guru mendapatkan pelatihan dan pedoman kurikulum 2013 disebabkan akses transportasi, biaya, dan akses komunikasi yang sulit. selain itu pelaksanaan tersebut dinilai terlalu singkat sehingga sehingga guru merasa belum menerima banyak ilmunya, sarana dan prasarana di smpn 2 pujungan belum memadai dalam implementasi kurikulum 2013. kesulitan guru membuat media pembelajaran di sebabkan oleh dua faktor yaitu kurangnya kreatifitas guru dalam fasilitas sekolah belum memadai untuk menunjang guru membuat media pembelajaran yang berbasis teknologi. kesulitan yang dialami guru dalam proses pembelajaran disebabkan kurangnya pelatihan yang diperoleh. dengan demikian guru tidak menerima pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam membuat rpp, kesulitan guru terhadap penguasaan it secara individu adalah faktor usia, pemahaman dan penguasaannya belum maksimal dan terbatas. hal ini disebabkan lokasi tempat sekolah yang merupakan daerah pelosok dan terpencil
Abstrak Indonesia
This research sinned from the problem of implementing the 2013 curriculum at smpn 2 pujungun, where the .5chtkll has lust implemented the 2013 curriculum in the 201&2019 academie year 13esides, being in a remote area certairtl!, makes this school should have various difficulties therefore. this study aims to describe the difficulties teachers lace in the 6: urricul um implementation this research employed a jescnotii,e qualitative method carried out at sm1sr,12 koine.= 'me lotus is the teat:lice% difficulties in implementing the 2011 curriculum the data sources are primary dam and secondary. data and inlorrnants. they arc the school principal. the teachers for seventh and eight graders. the data collection techniques are interviews. observations. and documentation this study applied a qualitative data analysis techniques ihniugh reductisc data. data presentation and drawing conclusions the results ill the s itntn, showed mai will: hen difficulties in implementing the 2013 cumculum are difficulties in obtaining training and implementation guidelines, facilities and infrastructure. difficulties in making media, ddlieulties in the learning process. difficulties in mastering it the difficulty to get training and guidelines for the 2013 curriculum is due to difficult access to transportation, covs, and access to communication in addition. the implementation was considered too short and they hake not gained sufficient knowledge the facilities and infrastructure at the school were not adequate for the implementation 'the difficulties in making learning media were caused by two facturs. niuniely the lack orteacher create. it}- and the rnsufficient facilities to support them in making technology-hased learning media the difficulties in the learning process are due to the lack of the traumng they had thus the teacher did no receive sufficient knowledge and expenence in making 'lesson plans their difficulty in mastering it es do c their see. and their lack of understanding and mastery all of the issues are sourced in the location which is in a termite and isolated area