
Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2021/2022
Pengarang : Zaida Ainulfitri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap motivasi belajar matematika pada masa pandemi siswa kelas ix smp negeri 10 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel didasarkan latar belakang pendidikan orang tua yang berbeda-beda. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)s01 memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi karena orang tua s01 menjalankan perannya dengan optimal dalam kegiatan belajar matematika s01. sedangkan s03 memiliki motivasi belajar matematika yang rendah karena orang tua s03 belum optimal menjalankan perannya dalam kegiatan belajar matematika s03; 2)terdapat temuan unik yang menunjukkan s02 memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi dengan kondisi orang tua s02 belum optimal menjalankan perannya dalam kegiatan belajar matematika s02. hal ini dikarenakan orang tua s02 memberikan kesempatan kepada s02 untuk mengeksplorasi kegiatan belajar matematika yang diikuti. sehingga menumbuhkan sikap tanggungjawab, kemandirian dan memperkuat motivasi dari dalam diri s02 dalam belajar matematika. kata kunci: belajar matematika, motivasi, peran orang tua
Abstrak Indonesia
This study aimed to observe the role of parent in mathematics learning motivation during the pandemic for grade xi students of smp negeri 10 tarakan. the type of this research was case study research with a qualitative research approach. the subject of the study were taken by purposive sampling technique, namely sample selection based on the educational background of different parents. data collection techniques were carried out by observation, interviews, and decumentation. the result of this study showed that (1) s01 had a high motivation to learn mathematics because s01’a parents carried out their roles optimally in s01 mathematics learning activities. meanwhile, s03 had low motivation to learn mathematics because s03’s parents had not optimally carried out their role in s03 mathematics learning activities; (2) there was unique finding showed that s02 had a high motivation to learn mathematics with the condition that s02’s parents had not optimally carried out their role in s02 mathematics learning activities. this is because s02’s parents gave the opportunities for the s02 to explore the mathematics learning activities that were followed. thus it fostered an attitude of responsibility, and independence, strengthened the motivation from inside of s02 himself in learning mathematics. keywords: learning mathematics, motivation, parental role