
Potensi Koleksi Museum Flora Dan Fauna Dalam Pembelajaran Biologi Di Tingkat SMA Dan Perguruan Tinggi
Pengarang : Sarmansyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Flora dan fauna wajib dikenalkan masyarakat dan generasi penrus sebagai pengetahuan dan tempat untuk mengenal flora dan fauna salah satunya adalah museum bertujuan untuk menunjang ilmu pengetahuan dengan bentuk koleksi berupa awetan basah, awetan kering, kerangka dan fosil. tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi koleksi flora dan fauna di museum flora dan fauna; dan (2) menganalisis potensi koleksi flora dan fauna dalam pembelajaran biologi di tingkat sma dan perguruan tinggi. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data dengan tujuan untuk mnyederhanakan dan mengkategorikan data, menyajikan data dalam bentuk deskripsi dan menarik kesimpulan. hasil penelitian ini ditemukan jumlah keseluruhan koleksi mencapai 72 koleksi. koleksi flora sebanyak 42 (empat puluh dua) terdiri dari 16 koleksi kayu, 2 koleksi herbarium, dan 24 koleksi dalam bentuk gambar yang disimpan dalam figura. koleksi fauna sebanyak 31 yang terdiri dari 30 koleksi dalam bentuk gambar dan 1 koleksi berupa awetan kering. koleksi di museum flora dan fauna berpotensi dijadikan penunjang pembelajaran biologi di tingkat sma dan perguruan tinggi. kata kunci: koleksi, museum flora dan fauna, pembelajaran biologi
Abstrak Indonesia
Flora and fauna must be introduced to the public and future generations as knowledge. then, museum, which is one of places to get to know flora and fauna, aims to support science in the form of fluid-preserved, dry-preserved, skeletons and fossils collections. the aims of this study were (1) to identify flora and fauna collections in the museum; and (2) to analyze the potential of flora and fauna collection in biology lessons at the high school and university levels. the research method was descriptive with a qualitative approach. data collection employed interview, observation and documentation techniques. data analysis was carried out by reducing data for simplifying and categorizing the data, then presenting them in the form of descriptions, and drawing conclusions. the study results showed that the total number of collections reached 72 collections. there are 42 (forty-two) flora collections consisting of 16 collections of wood, 2 collections of herbariums, and 24 collections in the form of images stored in frame. there are 31 fauna collections consisting of 30 collections in the form of images and i collection in the form of dry preservation. the collections in the flora and fauna museum have the potential to be used as a support for biology learning at the high school and university levels. keywords: collections, museum of flora and fauna, biology learning