
Pengembangan Media Animasi Untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Di SD Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Jhevraiyan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media animasi pembelajaran yang ditinjau dari validasi media, materi, dan bahasa serta mengetahui respon siswa pada media animasi pembelajaran. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan model borg and gall yang terdiri dari delapan tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi sebagai produk akhir, dan, uji coba pemakaian. penilaian kelayakan media animasi pembelajaran terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 81,67%, ahli materi sebesar 80%, ahli bahasa sebesar 86%, dari uji coba produk 89%, dan uji coba pemakaian sebesar 85%. hasil validasi media, materi, dan bahasa menunjukkan bahwa media animasi pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran membaca pemahaman siswa. hasil angket respon siswa pada uji coba produk dan uji coba pemakaian menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan siswa pada media animasi pembelajaran mendapat respon sangat positif. kata kunci: penelitian dan pengembangan, media animasi pembelajaran, membaca pemahaman
Abstrak Indonesia
This study animed to produce instructional media such as instructional animation media reviewed from media, material, and language validation as well as knowing students’ responses to learn animation media. the method is research and development procedures using models borg and gall which consists of eight stages, namely problem and potentials, revisions as final products, and usage trials. the worthiness assessment of learning animation media consisted of media experts, and language experts. the validation results obtained from media experts were 81,67%, material experts were 80%, language experts were 86%, product trials were 89%, and usage trials were 85%. the results of media, material and language validation show that learning animation media is very feasible to use in the learning process of students’ reading comprehension. the results of the student response questionnaire on product trials and usage trials showed that the level of student interest in learning animation media received a very positive response. keywords: research and development, learning animation media, reading comprehension