
An Analysis Of Students’ Responses Toward EFL Online Learning At VII-3 Grade Of SMPN 8 Tarakan
Pengarang : Eben Rombe
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sudut pandang siswa smp negeri 8 tarakan terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan selama pandemi covid-19. penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. penentuan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling. peneliti menggunakan penyajian secara deskriptif untuk menyampaikan hasil penelitian. dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument kuisioner dan lembar wawancara. subjek dari penelitian ini adalah kelas vii-3 smp negeri 8 tarakan yang terdiri dari 29 siswa. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka karena siswa memahami pembelajaran apabila dilakukan. selain itu, untuk pembelajaran daring siswa menyukai aplikasi goggle classroom untuk menunjang belajar siswa selama pandemi. siswa menyukai aplikasi tersebut dikarenakan lebih mudah dalam penggunaanya sebagai media pembelajaran selama pembelajaran daring. kata kunci : respon siswa, pembelajaran online, english learning.
Abstrak Indonesia
This study aimed to describe the perspectives of tarakan middle school students on online learning that was carried out during covid-19 pandemic. this research used a descriptive wualitatif research method. determination of the sample was employed by purposive sampling technique. the descriptive presentation was implemented to convey research results. in data collection techniques, the researcher used questionnaire instruments and interview sheets. the subject of this study was class vii-3 of smp negeri 8 tarakan which consisted of 29 students. the results of this study indicated that students prefer face-to-face learning because students understand learning. in addition, for online learning, students chose the google classroom application to support student learning during a pandemic. students liked the application because it was easier to use as a learning medium during online learning keywords: students' response, online learning, english learning