
Analisis Soal Ujian Tengah Semester Dan Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Dimensi Kognitif Taksonomi Anderson Di SMA Negeri 1 Sebatik
Pengarang : Nurjasmin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persebaran soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester serta untuk mengetahui persentase sebaran dimensi kognitif taksonomi pada soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester. jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. sumber data pada penelitian ini berupa naskah soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester. data dalam penelitian ini adalah hasil analisis soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester yang diperoleh dengan cara mengambil soal yang telah terdokumentasi. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persebaran soal ujian tengah semester pada kelas x didominasi oleh ranah kognitif c4 sebanyak 47%, kelas xi didominasi oleh ranah kognitif c2 sebanyak 78% dan kelas xii didominasi oleh ranah kognitif c4 sebanyak 44%. (2) persebaran soal ujian akhir semester pada kelas x didominasi oleh ranah kognitif c2 sebanyak 40%, kelas xi didominasi oleh ranah kognitif c4 sebanyak 80% dan kelas xii didominasi oleh ranah kognitif c4 sebanyak 89%. tidak ditemukan soal pada ranah kognitif c5 dan c6 pada soal ujian tengah semester dan ujian akhir semester pada semester genap kelas x, xi dan xii di sma negeri 1 sebatik. kata kunci: dimensi kognitif, soal uts dan uas, taksonomi anderson.
Abstrak Indonesia
This study aimed to analyze the distribution of midterm and final semester exam questions and to determine the percentage distribution of taxonomic cognitive dimensions on midterm and final semester exams questions. this type of research is descriptive. the source of the data in this study was in the form of midterm and final semester exam questions. the data in this study are the results of the analysis of middle and final semester examination questions obtained by taking documented questions. data collection techniques were carried out using interviews, observation, and documentation. the results of this study indicate that (1) the distribution of midterm exam questions in class x was dominated by the cognitive domain c2 is 47%, class xi was dominated by the cognitive domain c2 is 78%, and class xii was dominated by the cognitive domain c2 is 50% (2) the distribution of semester final exam questions in class x was dominated by the cognitive domain c3 is 40%, class xi was dominated by the cognitive domain c3 is 45% and class xii was dominated by the cognitive domain c4 is 50%. there were no questions in the c5 and c6 cognitive domains on the midterm and final semester exam questions in the even semester of grades x, xi, and xii at sma negeri 1 sebatik keywords: cognitive dimensions, mse and fse questions, anderson's taxonomy