UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 051 Tarakan

Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 051 Tarakan

Pengarang : Desinita Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang menekankan pada hasil belajar siswa yang berpijak dari hal yang rill bagi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) pada pelajaran matematika. penelitian ini di lakukan di kelas iv sd negeri 051 tarakan tahun pembelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. tindakan yang dilakukan berupa penerapan pendekatan pendidikam matematika realistik indonesia (pmri). metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dokumentasi dan tes untuk setiap akhir siklus. dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan pembelajaran pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas iv sd negeri 051 tarakan. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif 47,37% siklus ii menjadi 84,21%. siklus i kategori hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik 26,32% dengan kategori baik, siklus ii menjadi 73,68% dengan kategori baik sekali. dengan demikian hasil belajar siswa pada siklus ii sudah memenuhi target/indikator keberhasilan. meningkatnya hasil belajar siswa karena siswa sudah paham dengan materi yang diberikan, berani mengemukakan pendapatnya, memahami masalah, menyelesaikan masalah dengan cara siswa sendiri, dapat berdiskusi dengan kelompok dengan penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia. kata kunci: pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia, hasil belajar

Abstrak Indonesia

The indonesian realistic mathematics education approach is an approach to mathematics learning that emphasizes student’ learning achievement on real things around students. this study aimed to improvement student learning achievement by employing the indonesian realistic mathematics education (irme)) learning approach to mathematics class. this research target 19 fourth graders of sd negeri 051 tarakan in the academic year 2021/2022. the intervention used was the irme approach. the research method was classroom action research (car), which possessed four stages; planning, implementation, observation, and reflection. the research instruments were student activity observation sheets, teacher activity observation sheets, documentation and written tests for each cycle. the research finding shows that the irme approach improved the fourth-graders learning achievement in mathematics class. on the cognitive aspect, the second cycle significantly improved by 78% than the first cycle, whereas the first was 47.37% in the second cycle to 84.21%. the psychomotor aspect was led by the second cycle, where the second cycle was in the excellent category with a score of 73,68, and the first cycle was 26.32. thus, student’ learning achievement in the second cycle has met the success indicators. this attainment is found since the students have grabbed the material and they are bold to express their ideas. they also understand the problem and solve it with their own techniques, furthermore, the irme approach allows them to collaborate and discuss within the group. keywords: irme, learning achievement