UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 029 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 029 Tarakan

Pengarang : Muvidah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas v yang berada di sdn 029 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. adapun fokus penelitian ini adalah tingkat kemampuan representasi matematis siswa. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder serta informan yang berjumlah 6 siswa terpilih. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan representasi matematis dengan baik. pada indikator pertama khususnya representasi verbal, pada siswa kemampuan tinggi dapat memenuhi indikator tersebut pada setiap soal, siswa kemampuan sedang hanya memenuhi tiga soal saja dan siswa kemampuan rendah tidak dapat memenuhi indikator pertama. pada indikator kedua khususnya representasi simbolik, pada siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah dapat memenuhi indikator tersebut, namun masih terdapat siswa yang salah. kata kunci: kemampuan representasi matematis, siswa, matematika

Abstrak Indonesia

This study aimed to describe the mathematical representation abilities of fifth-grade students at sdn 029 tarakan. this type of research uses qualitative research conducted in the even semester of the 2021/2022 academic year. the focus of this research is the level of students' mathematical representation ability. this study's sources of data were primary and secondary, with informants totaling six selected students. data collection techniques uses the stages of data reduction, data presentation, and conclusion. the results of this study indicate that there are still many students who do not have good mathematical representation skills. in the first indicator, especially verbal representation, high-ability students can meet these indicators on each question, moderate-ability students only meet three questions, and low-ability students cannot meet the first indicator. in the second indicator, mainly symbolic representation, high, medium, and low-ability students can fulfill these indicators, but there are still wrong students. keywords: mathematical representation ability, students, mathematics