
Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Makanan Di Restoran Food Update Kota Tarakan
Pengarang : Reski Amalia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Tuntutan kebutuhan konsumen akan mutu kualitas pelayanan yang baik dan makanan yang tinggi, menuntut produsen dan pemasar berlomba memberikan nilai lebih. terdapat dua pertimbangan yang menjadi ukuran konsumen untuk merasa puas yaitu kualitas pelayanan dan kualitas makanan. memuaskan konsumen merupakan salah satu tujuan perusahaan menuju profitabilitas. perusahaanperusahaan tersebut memiliki keinginan yang sama dalam memberikan yang terbaik kepada konsumennya dengan keunggulan baik dari pelayanan dan makanannya masing-masing. populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah dan yang sedang membeli di restoran food update. metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. untuk mengetahui tentang tingkat kepuasan konsumen restoran food update kota tarakan, digunakan pengukuran skala likert (likert scale) dan metode yang digunakan adalah customer satisfaction index (indeks kepuasan konsumen). hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan diperoleh rata-rata skor sebesar 832, persentase 83% dan interprestasinya adalah sangat setuju (ss). sedangkan, kualitas makanan diperoleh rata-rata nilai 847, persentase 85% dan interprestasinya adalah sangat setuju (ss). rekapitulasi total skor tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan kualitas makanan di restoran food update memperoleh skor 9241 dengan persentase 84,01% dan interprestasinya adalah sangat setuju (ss). artinya konsumen yang pernah makan di restoran food update merasa puas akan kualitas pelayanan dan kualitas makanan yang ditawarkan. kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas makanan, tingkat kepuasan konsumen
Abstrak Indonesia
In culinary sector, the demand of the consumers for good service and food makes the producers and marketers compete to provide added value. there are two points determining the consumers' satisfaction, service quality and food quality. this study was to determine the customers' satisfaction level on the food and service quality in a restaurant in tarakan. the population are consumers who have and currently do purchase at food update restaurants. the sampling method used was purposive sampling with 100 respondents. the analytical method used in this study consists of a validity test and a reliability test. a survey of a likert scale measurement was used by applying customer satisfaction index. the results of this study show that both the service and the food are very satisfying for the customers, with an average score of 832 (83%), and 847 (85%), respectively. the total score for both is 9241 ( 84.01 %), meaning most of the consumers are satisfied with the quality of service and food from this culinary business. keywords: service quality, food quality, consumer satisfaction level