
Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Akademik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Gugus V Tarakan
Pengarang : Yessi Sarnia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan terkait perbandingan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kemampuan akademik siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. pertama, apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung? kedua, apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dengan yang sedang? ketiga, apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran langsung siswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dengan sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa? hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: pertama, hasil uji mann-whitney test antara model pembelajaran diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,456 lebih dari 0,05. maka hipotesis ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. kedua, hasil uji mann-whitney test antara kemampuan akademik siswa diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,001 kurang dari 0,05. maka hipotesis diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan akademik sedang dan kelompok siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi. ketiga, hasil uji kruskal-wallis test diperoleh nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,007 kurang dari 0,05. maka hipotesis diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran langsung dengan siswa yang memiliki kemampuan akademik sedang dan siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis. kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kemampuan berpikir kritis
Abstrak Indonesia
This study aimed to find three questions related to the jigsaw model to students' academic abilities and critical thinking skills. the research questions were 1) was there any significant difference in students' critical thinking abilities between those who were taught using the jigsaw cooperative learning model and those who were using the direct learning model? 2) was any significant difference in students' critical thinking skills between those with high and medium academic abilities? 3) was there any interaction between the jigsaw cooperative learning model and the direct learning model of those with high and moderate academic abilities in critical thinking skills? the findings found that the mann-whitney test obtained an asymp value between learning models. sig. (2-tailed) of 0.456 more than 0.05, which means there is no difference in students' critical thinking abilities between those who were taught using the jigsaw cooperative learning model and those who were taught using the direct learning model. the analysis showed that the results of the mann- whitney test between students' academic abilities obtained asymp scores. sig. (2- tailed) of 0.001 lass than 0.05, which indicated significant differences in critical thinking skills between students with moderate and high academic abilities. the kruskal- wallis test obtained the asymp value sig. (2-tailed) of 0.007 lass than 0.05, which signified an interaction between the jigsaw cooperative learning model and the direct learning model for students with moderate and high academic ability toward critical thinking skills. keywords: jigsaw cooperative learning model, critical thinking ability