
Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV-A SDN 036 Tarakan
Pengarang : Roy Marthen Kondo
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Pada penggunaan media pembelajaran dalam proses pembeajaran sangat membatu dan memudahkan proses mengajar guru dan juga ketertarikan siswa sangat terlihat jelas pada saat proses pembelajaran jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 036 tarakan. penelitian ini berfokus pada media kartu bergambar. adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, dan guru. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar, dan pemahaman siswa. kartu bergambar sendiri merupakan media yang mudah untuk dibuat, tidak rumit dan mudah dimengerti siswa. kartu bergambar sendiri digunakan guru pada proses pembelajaran, penggunaan media ini sangat efektif karena siswa lebih mudah memahaminya, dan hasil yang diperoleh pun lebih baik dari sebelum menggunakan media tersebut. selanjutnya dengan penggunaan media yang produktif dan inovatif dalam mengembangkan pola pikir siswa dan pemahaman siswa serta dapat juga dijadikan sebagai literasi sekolah dan diharapkan dapat meningkatkan minat siswa terhadap literasi, serta dapat menjadikan sdn 036 salah satu sekolah berbasis litersi yang ada di kota tarakan. adapun dampak yang ditimbulkan yaitu dengan efektifnya penggunaan media kartu bergambar antusias siswa sangat tinggi serta pemahaman dan pola pikir siswa mengalami peningkatan. hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dan peningkatan keterampilan siswa sdn 036 tarakan. kata kunci: media pembelajaran, pembelaran tematik
Abstrak Indonesia
The use of learning media in the learning process is very helpful and facilitates the teacher's teaching process and also student interest is very clear during the learning process for this type of research using qualitative research conducted at sdn 036 tarakan. this research focused on picture card media. the data sources in this study were primary data and secondary data with informants were school principals and teachers. data collection techniques used were observation, interviews and documentation. as well as using qualitative data analysis techniques through data reduction, data presentation and drawing conclusions. the results of the study showed that the use of instructional media was very important to assist students in improving learning outcomes and student understanding. picture cards themselves were media that were easy to make, uncomplicated and easy for students to understand. the picture cards themselves were used by the teacher in the learning process, the use of this media was very effective because students understood it more easily, and the results obtained were better than before using the media. furthermore, the use of productive and innovative media in developing students' mindsets and understanding of students and could also be used as school literacy and was expected to increase students' interest in literacy and could make sdn 036 one of the literacy-based schools in tarakan city the impact caused by the effective use of picture card media was very high student enthusiasm and students' understanding and mindset had increased. this could be seen from the learning outcomes and skills improvement of students at sdn 036 tarakan. keyboards: learning media, thematic learning