
Analisis Hambatan Guru IPA SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021 Dalam Menerapkan Pembelajaran Secara Daring Selama Pandemi Covid-19
Pengarang : Deni Setiawan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk (1). mengetahui hambatan apa saja yang dirasakan guru ipa dalam pembelajaran daring; (2). mengetahui alternatif yang dilakukan guru ipa untuk meminimalisir hambatan yang dialami. subjek penelitian adalah guru ipa di smp muhammadiyah 1 tarakan. penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan mengunakan pendekatan studi kasus jenis observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki hambatan internal yang meliputi kemampuan menggunakan aplikasi, motivasi guru, kesiapan guru di kelas dan pengembangan diri yang lebih menekankan pada adaptasi dengan teknologi. sedangkan hambatan eksternal berupa sarana dan prasarana guru, sarana dan prasarana siswa, partisipasi siswa dan partisipasi orang tua. cara menanggulangi hambatan yang ada yaitu guru-guru belajar lebih dalam untuk mengoprasikan aplikasi-aplikasi yang lebih efektif dalam menunjang pembelaran daring, guru melakukan pemilihan kegiatan siswa dalam melakukan praktikum, para guru lebih menekankan pada situasi yang di hadapi oleh siswa, guru mengaitkan praktikum dengan kegiatan pembelajaran, dan guru-guru juga belajar bagaimana cara mengirim video dari youtube ke grup kelas. kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mudah. siswa diberikan izin ke sekolah untuk mengambil dan mengumpulkan tugas yang di berikan oleh guru. hal tersebut dilaksanakan setelah meminta izin kepada dinas pendidikan untuk melakukan tatap muka dengan protokol yang ketat dan pertimbangan dilakukan secara hybrid. kata kunci : hambatan, guru ipa, alternatif
Abstrak Indonesia
The purposes of this study were to (1) understand the obstacles faced by science teachers when teaching online; (2) understand the choices that science teachers used to reduce the obstacles they faced. teachers of science at smp muhammadiyah 1 tarakan served as the research participants. this research is included in the qualitative descriptive research using a case study approach with the type of observation. the study's findings indicated that the teachers faced internal challenges related to their motivation, readiness for the classroom, and self-development, which prioritized technological adaption. while the external barriers took the shape of infrastructure and facilities for teachers, infrastructure and facilities for students, participation from students, and participation from parents. the strategies for overcoming the barriers now were teachers chose student activities for practicums, putting more attention on the challenges experienced by students, connecting practicum with learning activities, and learning how to deliver youtube videos to class groups. these tasks were simple to complete. to take and collect homework from teachers, students were given permission to go to school. this was done after requesting approval from the education administration to have in-person meetings with stringent guidelines and hybrid considerations. keywords: obstacles, science teachers, alternatives