UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Majalah Capung (Odonata) Berbasis Kontekstual Di Kota Tarakan Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas X SMA

Pengembangan Majalah Capung (Odonata) Berbasis Kontekstual Di Kota Tarakan Sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas X SMA

Pengarang : Meisarah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan majalah capung (odonata) berbasis kontekstual di kota tarakan sebagai sumber belajar biologi kelas x sma. yang layak digunakan berdasakan penilaian para ahli terhadap majalah yang dikembangkan. jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (r&d) dengan desain penelitian model bord and gall (1983). langkah-langkah model bord and gall (1983) yang digunakan pada penelitian ini sampai dengan tahap tiga yaitu penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, dan pengembangan produk awal. analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. hasil pengembangan produk awal majalah berdasarkan nilai validasi ahli media dengan presentase 73% yang menunjukan kriteria layak, validasi ahli materi dengan presentase 81% yang menunjukan kriteria sangat layak, dan hasil validasi ahli praktisi dengan 92% yang menunjukan kriteria sangat layak. rata-rata skor dari para ahli sebesar 82%, sehingga majalah capung (odonata) yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa. kata kunci : research and development (r&d), kontekstual, majalah capung (odonata)

Abstrak Indonesia

This study aimed to produce a contextual-based dragonfly magazine (odonata) in tarakan for learning biology sources of the tenth grade, which is valid to be implemented. this research is research and development (r&d) with the bord and gall (1983) model research design. the bord and gall (1983) model used providing three stages: research and initial data collection, planning, and initial product development. data analysis used descriptive qualitative and quantitative descriptive approaches, the initial product development result, of expert validation based was very appropriate, with a score of 73%, material expert validation showed that the product was a feasible category with 81% valid, and expert practitioner validation indicated that it is very disserving with a score of 92%. the expert judgment means the score is 82%, with the result that the developed dragonfly magazine (odomla) is feasible and can be used as a student learning resource. kewords: research and development, contextual, dragonfly magazine