UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMPN 11 Tarakan

Penerapan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Di SMPN 11 Tarakan

Pengarang : Hasnawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik assertive training dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. komunikasi interpersonal merupakan proses penyampaian informasi antara dua orang atau lebih untuk saling mengerti satu sama lain dengan tujuan untuk memberikan suatu perubahan tingkah laku pada individu. teknik assertive training merupakan latihan tingkah laku dengan membantu individu dalam mengembangkan cara berhubungan yang lebih langsung dalam situasi interpersonal. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental design dan populasi sasaran yaitu seluruh kelas viii smpn 11 tarakan yang berjumlah 60 siswa. teknik sampling menggunakan simple random sampling yang sampelnya berjumlah 12 siswa. pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial instrumen yang digunakan adalah skala komunikasi interpersonal dari (devito,2021) dengan uji hipotesis uji paired sample t-test dengan spss versi 25.0 for windows. berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) yang artinya konseling kelompok dengan teknik asertive training dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas viii di smpn 11 tarakan. pada pemberian pretest dari 12 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian terdapat 5(42%) siswa yang berada pada kategori rendah dalam komunikasi interpersonal dan terdapt 7(58%) siswa yang berada pada kategori sangat rendah. pada pemberian posttest terdapat 8(67%) siswa berada pada kategori sangat tinggi dalam komunikasi interpersonal dan terdapat 4(33%) siswa berada pada kategori tinggi dalam komunikasi interpersonal. kata kunci: komunikasi interpersonal, teknik assertive training

Abstrak Indonesia

Interpersonal communication is the process of conveying information between two or more people to understand each other with the aim of making a behavioral change in individuals. assertive training techniques are behavioral training by assisting individuals in developing more direct ways of relating in interpersonal situations. the objective of the research was to find out the application of assertive training techniques to improve the student’s interpersoal communication of eighth graders of smpn 11 tarakan. it was experimental research with a pre-experimental design and the target population is all the seventh graders at the school, 60 student’s. the random sampling used resulted in a sample of 12 student’s. the data analysis used descriptive analysis technique, and inferential analysis technique. the instruments are the interpersonal communication scale from (devito,2021). the hypothesis testing was done using paired samples t-test with spss version 25.0 for windows. based on the data analysis, it was concluded that the resultsof the hypothesis test had a significance value of (0,000 < 0,05), means that group counseling with assertive training technique improve the student’s interpersonal communication. from the pretest it is revealed that 5(42%) student’s have low interpersonal communication and 7(58%) student’s are indeed in the very low category. yet the posttest indicates a very significant change most of the student’s 8(67%) are in a very high category of the interpersonal communication and the others 4(33%) are in high category. keywords: interpersonal communication, assertive training technique