
Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Organ Peredaran Darah Manusia Kelas V SDN 018 Tarakan
Pengarang : Abdul Rahman
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif ditinjau dari validasi ahli media, ahli materi,ahli bahasa dan ahli praktisi, serta kemenarikan ditinjau dari dan respon siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (r&d) mengacu pada model pengembangan addie yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) analysis (analisis); 2) design (perancangan); 3) development (pengembangan); 4) implementation (implementasi); 5) evaluation (evaluasi). instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar validasi, dan angket respon siswa. penelitian ini dilakukan di kelas v sdn 018 tarakan hasil validasi yang diproleh dari ahli media sebesar 82% dengan kategori sangat layak, ditinjau dari kemampuan media pembelajaran multimedia interaktif dalam menarik perhatian siswa dan sebagai media yang dapat digunakan secara berulang-ulang dalam pembelajaran. dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 98%, dan hasil validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak ditinjau dari contoh-contoh penjelasan pada media pembelajaran multimedia interaktif yang telah relevan dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa dan jabaran materi yang telah cukup memenuhi tuntutan kurikulum. dan ahli praktisi sebesar 96% dengan kategori sangat layak, ditinjau dari kemudahan siswa dalam mengoperasikan media pembelajaran multimedia interaktif, memberikan pemahaman dan kesan yang menarik bagi siswa. selanjutnya hasil respon siswa uji coba terbatas sebesar 94% dengan kategori sangat menarik, ditinjau dari penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif yang membuat siswa merasa senang sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri. dan hasil respon siswa uji coba pemakaian sebesar 96% dengan kategori sangat menarik, ditinjau dari penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif yang membuat siswa tertarik untuk belajar dan memahami materi pembelajaran. berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi, respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba pemakaian, maka media pembelajaran multimedia interaktif dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, multimedia interaktif
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to ascertain how the attractiveness of interactive multimedia employed as learning tools is evaluated from the responses of students as well as from the validation of media experts, subject matter experts, linguists, and practitioners. the type of research used was research and development (r&d) referring to the addie development model which consists of five stages of research, namely: 1) analysis; 2) design; 3) development, 4) implementation; 5) evaluation. the data collection instruments used were: validation sheets, and student response questionnaires. this research was conducted in class v sdn 018 tarakan. the validation findings from media specialists were 82%, with the category of very appropriate from the perspective of the media's capacity to draw students' attention and as a media that can be utilized repeatedly in the learning process. the validation result of language experts was 98%, and the validation result of subject matter experts was 90% with a very worthy category as reviewed from examples of explanations on the media that were relevant to the competencies that students must master and the explanations of the material that had sufficiently met the demands of the curriculum. expert practitioners also reached 96% with a very eligible category, viewed from the convenience of students in open education. furthermore, the response results of the limited trial students were 94% with very interesting categories, viewed from the use of the media that made students feel happy so that students could build their own knowledge. the results of the student's response of the trial use was 96% with a very interesting category, viewed from the use of interactive powerpoint that made students interested in learning and understanding the learning material. based on the validation results of material experts and media experts, linguists, practitioners, students' responses to limited trials and usage trials, the interactive multimedia was declared feasible and interesting to be used in the learning process. keywords: development, learning media, interactive multimedia