UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Darmiah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap kemandirian belajar siswa. kemandirian belajar merupakan sikap mengarah pada kesadaran belajar sendiri dan segala keputusan, pertimbangan yang berhubungan dengan kegiatan belajar. adapun indikator kemandirian belajar adalah percaya diri, disiplin, inisiatif, motivasi dan tanggung jawab. bimbingan kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah, bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok ini berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pra-eksperimen model one grupe pretest-posttest design dengan sampel penelitian sebanyak 37 yang merupakan siswa kelas viii smp negeri 5 tarakan. berdasarkan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji paired samples test menggunakan spss 22.00 for windows versi 22.0 diketahui bahwa nilai uji t dengan thitung = 10,968 dengan uji t diketahui nilai df sebesar 36 dan nilai 0,05/2 = 0,025 sehingga ttabel sebesar 2,028. karena thitung (10,968) > ttabel (2,028), hal ini berarti ho ditolak, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap kemandirian belajar siswa kelas viii di smp negeri 5 tarakan. kata kunci: bimbingan kelompok, diskusi kelompok, kemandirian belajar

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the influence of grroup guidance with group discussion techniques on student learning independence. learning independence is an attitude that leads to awareness of self-study and ol decisions, considerations related to learning activities. the indicators of learing independence are self-confidence, discipline, initiative, motivation and responsibility. group guidance is one of the effort that can be done by guidance and counseling teachers in schools, group guidance with this group discussion technique affected student learning independence. this study used a quantitative approach of pre-experimental model one group pretest-posttest design with a research sample of 37 who were clas viii students of smp negeri 5 trakan. based on descriptive analysis and inferential analysis with paired samples using spss 22.00 for windows version 22.0, it was known that the value of t-test with t-count = 10.968 with the t-test was known to be a df value of 36 and a value of 0,05/2 = 0,025, so that the t-table was 2,028. because the calculation was (10,968) > t-table (2,028), it meant that ho was rejected and the hypothesis was accepted, meaning that there was an influence of group guidance with group discussion techniques on learning independence of class viii students at smp negeri 5 tarakan. keywords: group guidance, group discussion, learning independence