
Pengembangan Buku Ilustrasi Pembelajaran Cerita Fantasi Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Dea Riski Pramita
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang telah dibatasi dengan tidak melakukan kegiatan penerbitan buku secara besar-besaran. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku ilustrasi cerita fantasi yang menarik dan meningkatkan minat baca serta mendeskripsikan penggunaan buku ilustrasi berdasarkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifannya. instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar wawancara guru, angket validasi ahli, dan angket respon guru serta siswa yang pada setiap angket memiliki 10 aspek penilaian. hasil penelitian dari validasi penyajian buku ilustrasi pembelajaran cerita fantasi melalui angket oleh ahli materi mencapai persentase 83% dengan kualifikasi sangat layak, oleh ahli bahasa mencapai persentase 95% dengan kualifikasi sangat layak dan oleh ahli media mencapai persentase 93% dengan kualifikasi sangat layak. hasil angket respon guru terhadap buku ilustrasi pembelajaran cerita fantasi mempunyai nilai persentase sebesar 88% dengan kualifikasi sangat praktis dan angket respon siswa memiliki persentase sebesar 84% yang dikualifikasikan sangat efektif. uji coba produk dilakukan pada kelas vii-1 smp negeri 9 tarakan. hasil penelitian dan pengembangan buku ilustrasi pembelajaran cerita fantasi layak digunakan untuk pembelajaran bahasa indonesia khususnya pembelajaran cerita fantasi di kelas vii. kata kunci: buku ilustrasi, cerita fantasi, pengembangan
Abstrak Indonesia
This employed a research and development approach to produce an illustrated fantasy book to improve the student’s reading internet and to describe the use of illustrated books based on their feasibility, practicality, and effectiveness. the instruments included teacher interview sheets, expert validation questionnaires, and teacher and student response questionnaires each which covers 10 aspects of assesment. the validation over the presentation of illustrated books for learning fantasy stories indicates the following results; the material, language, and media expert gives scores of 83%, 95%, and 93%, respectively, meaning the book is very qualified. meanwhile the results from the questioners of the teachers and students indicate 88%, and 84%, meaning it is practical and effective. the product trials had been implemented in seventh grader of group 1 in smp negeri 9 tarakan. it shows that the book is appropriate to be used in the learning of fantastic stories. keyword: illustrated book, fantasy stories, research and development