
Persepsi Siswa SMA Dan MA Negeri Kelas XI Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Biologi Berbasis Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Tarakan
Pengarang : Mardhiyah Noor Arifah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Persepsi siswa merupakan kemampuan psikologis siswa untuk mengolah dan menganalisis suatu peristiwa yang telah dilakukan. perubahan persepsi yang disebabkan perubahan sistem pembelajaran menjadi daring pada masa pandemi covid-19 yang akan mempengaruhi ketercapaian pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa sma dan ma negeri kelas xi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran biologi selama pandemi covid-19. jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian survei dengan wawancara. data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan siswa kelas xi pada empat sekolah di sma dan ma negeri di kota tarakan yang menjadi sumber utama dan didukung dengan data angket serta data dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa sma dan ma kelas xi terhadap pembelajaran biologi daring secara umum sudah tergolong baik. persepsi siswa dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran biologi berupa media pembelajaran, bahan ajar, dan proses pembelajaran. persepsi siswa terhadap media pembelajaran baik. persepsi siswa terhadap bahan ajar baik. persepsi siswa terhadap proses pembelajaran kurang baik. kata kunci : persepsi, faktor pengaruh, daring, biologi
Abstrak Indonesia
The students' perception is the student's psychological ability to process and analyze an event the experience. the perception caused by changes in the learning system to go online during the covid-19 pandemic will affect the learning achievement, making it less meaningful. the objective of the research was to determine the eleventh graders in public and islamic senior high school students' perception on the factors that influence biology learning during the covid-19 pandemic. this employed a qualitative research method applying survey with interviews. the data were collected from interviews with the eleventh graders in public and islamic senior high schools in tarakan. it was also supported by questionnaire data and documentation data. the results show that the students' perception regarding online biology learning were generally quite good. it is seen from their perception on the online elements including learning media, teaching materials, and learning processes. they have good perception on the first two factors, but not very good for the last factor. keywords: perception, influence factors, online learning, biology