UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Panduan Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Nurul Isalam Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Pengembangan Buku Panduan Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Nurul Isalam Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Windiarsi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakanpendekatan r&d (reaserch and development) atau penelitian dan pengembangan yang menghasilkan suatu produk. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku panduan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kemandirian belajar disekolah dasar yang teruji secara teoritis dengan memenuhi kriteria kelayakan produk. pengembangan produk buku pandualan layanan bimbingan klasikal ini mengadopsi tahapan model pengembangan borg & gall. produk tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. untuk mengetahui akseptabilitas produk maka dilakukan uji ahli validasi ahli media, validasi ahli materi, uji validasi ahli bahasa, uji validasi pengguna produk dan uji validasi kelompok terbatas. instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui akseptabilitas produk. adapun hasil penilaiannya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli menunjukkan bahwa produk buku panduan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar memenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. skor yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli materi (80%), validasi uji ahli media (90,7%) dan uji ahli bahasa (80%), kemudian uji pengguna produk yag terdiri dari dua subjek yaitu (78,3%) dan (85%) masuk kedalam kategori “layak” dan dapat dilakukan revisi sewaktu-waktu. demikian produk pengembangan buku panduan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar dapat menjadi sebuah alternatif bagi guru kelas dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. kata kunci: layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar

Abstrak Indonesia

This research was conducted using an r&d (research and development) approach which developed an effective product. this research aimed do develop a product in the form of a guidebook for classical guidance services in improving learning independence in primary school that was theoretically verified by fulfilling product feasibility criteria. the product development of the classical guidance service guidebook adopted the stages of borg & gall development model. the product was developed by fulfilling the acceptability criteria in accordance with the aspects of usability, feasibility, accuracy, and appropriateness. to determine the acceptably of the product, expert validation was conducted, namely: media expert validation, material expert validation, and linguist validation, the try-out to the product user and to limited group. the instrument of this research was a questionnaire which was also used to determine the acceptability of the product. the result of the questionnaire was analyzed using a descriptive percentage analysis technique. the results of the expert validations indicated that the guidebook for classical guidance services in improving the student’ learning independence at primary school met the acceptably criteria in accordance with the aspects of usability, feasibility, accuracy, and appropriateness. the scores obtained from each validation showed that the material expert validation was 80%, the media expert validation was 90,7 %, the linguist validation was 80%, and the product users try-out consisting of two subjects was 78,3% and 85%. these scores were classified into the “feasible” category and could be revised at any time. thus, the product development of a guidebook for classical guidance services in improving the students’ learning independence at nurul islam primary school of tarakan could be an alternative for classroom teachers in order to improve their students’ learning independence. keywords: classical guidance service, independent learning