UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Ita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer teaching (tutor sebaya) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 4 tarakan. penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain peneitian posttest only control design. penelitian ini dilakukan di smp negeri 4 tarakan dengan populasi penelitian ialah kelas ix tahun ajaran 2022/2023. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas ix-8 sebagai kelas kontrol dan ix-10 sebagai kelas eksperimen. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes uraian. teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan analisis inferensial. analisis deskriptif menggunakan perhitungan rata-rata dan standar deviasi. analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test. berdasarkan hasil penelitian diketahui 4,140 >1,672 maka h0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh metode peer teaching (tutor sebaya) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 4 tarakan. kata kunci: peer teaching (tutor sebaya), hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the effect of peer teaching on the results of learning mathematics for class ix students of smp negeri 4 tarakan. this research is included in the type of quasi-experimental research with the post-test only control. this research was conducted at smpn 4 tarakan, with the research population being class ix for the 2022/2023 academic year. sampling was done using simple random sampling and obtained class ix-8 as the control class and ix-10 as the experiment class. collecting data in this study used a description test instrument. the data analysis technique used was descriptive analysis and inferential analysis. the descriptive analysis uses average and standard deviation calculations. inferential analysis using independent sample t-test. based on the research results, it is known that 4.140 > 1.671, then h0 is rejected, which means that peer teaching influences the mathematics learning outcomes of class ix students of smp negeri 4 tarakan. keywords: peer teaching, mathematics learning outcomes