
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Amplang Di UKM Amplang Lily Kota Tarakan
Pengarang : Lathifa Hanif Amalia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan mengeatahui volume penjualan di ukm amplang lily kota tarakan untuk mengetahui pengaruh faktor produk, harga, promosi dan tempat terhadap keputusan pembelian amplang di ukm amplang lily kota tarakan. penelitian ini dilakukan di swalayan maupun toko yang menjual produk amplang lily di kota tarakan, sampel yang di ambil sebanyak 50 responden dengan analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda. berdasarkan dari hasil dan analisis di dapatkan adalah (1) variabel produk (x1) memiliki koefisien regresi sebesar 0.257. ini menunjukkan bahwa variabel produk hasil olahan pangan mempunyai pengaruh positif terhadappeningkatan volume penjualan produk hasil olahan pangan ukm amplanglily (2) variabel harga (x2) memiliki koefisien regresi sebesar -0.207. inidiartikan bahwa dengan adanya peningkatan harga maka akan berpengaruh negatif terhadap peningkatan volume penjualan produk hasil olahan pangan ukm amplang lily (3) variabel promosi (x3) memiliki koefisien regresi sebesar 0,337. ini menunjukkan bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan volume penjualan produk hasil olahan pangan ukm amplang lily (4) variabel tempat (x4) memiliki koefisien regresi sebesar 0,236. ini berarti bahwa variabel tempat mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan volume penjualan produk hasil olahan pangan ukm amplang.
Abstrak Indonesia
This study aims to find out the sales volume of amplang lily smes in the city of tarakan to determine the effect of product, price, promotion and place factors on purchasing decisions for amplang lily in the city of tarakan. this research was conducted in supermarkets and shops that sell amplang lily products in the city of tarakan, the sample taken was 50 respondents with data analysis used were descriptive analysis, validity test, reliability test, multiple regression analysis. based on the results and analysis obtained, (1) the product variable (x1) hasa regression coefficient of 0.257. this shows that the variable of processed food products has a positive effect on increasing the sales volume of food products from amplang lily smes (2) the price variable (x2) has a regression coefficient of -0.207. this means that an increase in price will have a negative effect on increasing sales volume of processed food products from amplang lily smes (3) variable (x3) has a regression coefficient of 0.337. this shows that the promotion variable has a positive influence on increasing sales volume of products processed by amplang lily smes. (4) the place variable (x4) has a regression coefficient of 0.236. this means that the place variable has a positive influence on increasing sales volume of products processed by amplang ukm.