
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Pemerintahan Pusat Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN Peso Kabupaten Bulungan
Pengarang : Martomi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas iv sdn 010 peso dengan menggunakan model pembelajaran media gambar pada materi struktur pemerintahan pusat. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, analisis dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 28 maeret – 3 mei 2014 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 010 peso yang berjumlah 6 siswa. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 66.7% dari indikator pencapaian siswa 65%. setelah dilakukan tindakan pada siklus ii, pencapaian pembelajaran meningkat menjadi 85%, peningkatan antara siklusi dan siklus ii mencapai 19%. dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil. dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas iv sdn 010 peso. kata kunci: hasil belajar siswa, model media gambar
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve the students achivement using pictures media learning model through center government structure. the research of this study used classrom action research of two cycles. this research was done into some steps: planning, implementing, observing and reflecting. the research instruments were test and non test. this study was conducted from 28 march - 3 mei 2014 in four meetings of two cycles. subject of this research were students at fourth grade of sdn 010 peso by the number of students were six students. the result of this study concluded that an increase in students’ achievment. it can be seen from the results obtained in each cycle, before being given a passing grade in the classical action only reached 66.7% of the 65% student achievement indicators. after the actions in the second cycle, the learning achievement increased to 85%, an increase of between cycle one and cycle two was 19%. it can be said that this study has been successful. it can be concluded that the use of the learning model media pictures can improve the student achivement at fourth grade students of sdn 010 peso. keywords: students’ achievement, pictures media