
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gerhana Bulan Dan Matahari Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas VI SDN 008 Kecamatan Peso
Pengarang : Ubang Unya
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi gerhana bulan dan matahari dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas vi sdn 008 peso. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 15,45. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii. maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 50% meningkat menjadi 83,33% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan pendekatan scientific pada materi gerhana bulan dan matahari di kelas vi sdn 008 peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, ipa, pendekatan scientific
Abstrak Indonesia
Classroom action research aims to increase natural sciences learning achievement about moon and solar eclipse using scientific approach for the sixth grade of sdn 008 peso. classroom action research has done two cycles. it is consisting of four steps they are planning, acting, observing and reflecting. collecting data technique was used that consists of three steps. they are preparing, acting and reporting. collecting data instrument was used as the result of the teaching and learning test, students’ psychomotor scoring sheet. students’ observing activity sheet and teacher’s observing activity sheet in teaching and learning. the average of the students’ achievement in psychomotor aspect to all aspect that obtained at cycle 1 to cycle 2 increased 15,45% whereas the average of the achievement to cognitive aspect increased from cycle 1 to cycle 2. so, the percentage of the students’ achievement in teaching and learning as classical at cycle 1 50 % increased to be 83, 33% at cycle 2. the conclusion of classroom action research is applying scientific approach about moon and solar eclipse for the sixth grade of sdn 008 peso can increase the students’ achievement. keywords: learning achievement, natural sciences, scientific approach