UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 009 Peso

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 009 Peso

Pengarang : Susana Ngang

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas v sdn 009 peso. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan keaktifan siswa, keefektifan pembelajaran oleh guru, sikap afektif dan psikomotorik siswa. hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus i mencapai ketuntasan yaitu sebesar 60% dari 10 siswa. sedangkan siklus ii meningkat menjadi 90% dari 10 siswa. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan pendekatan scientific pada pembelajaran matematika bagi siswa kelas v sdn 009 mengalami peningkatan hasil belajar.

Abstrak Indonesia

Target of this research to know applying of approach of scientific can improve result learn operation items mathematics count/calculate fraction at class student five elementary school 009 peso. research of this action class is executed in two cycles, what consist of 4 step that is planning, execution, perception, and reflex instrument data collecting the used is test result of learning, sheet perception of liveliness of student, effectiveness of study by teacher, attitude of affective and of psychomotor student. result learns cognate aspect which obtained by student at cycle of i complete tired that is equal to 60% from 10 student. while cycle of ii mount to become 90% from 10 student. conclusion of research of action class (this ptk) is usage of approach of scientific at study of mathematics to class student of v sdn 009 experiencing of the make-up of result learn.