UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Realia Di Kelas I SDN 004 Bunyu

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Realia Di Kelas I SDN 004 Bunyu

Pengarang : Sri Suyati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik siswa dengan penerapan model pembelajaran tematik di kelas i sdn 004 bunyu. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas i sdn 004 bunyu yang berjumlah 11 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasilpengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar mata pelajaran ipa siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 55% yakni 6 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 82 % yakni 9 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, mata pelajaran bahasa indonesia siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 64% yakni 7 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 100% yakni 11 siswa yang tuntas dan tidak ada siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, mata pelajaran matematika siklus i memiliki ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 45% yakni 5 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. sedangkan pada siklus ii, ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 91% yakni 10 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan media realia pada pembelajaran tematik di kelas i sdn 004 bunyu dapat meningkatkan hasil belajar pada tema diri sendiri. kata kunci: hasil belajar, tematik, diri sendiri

Abstrak Indonesia

The aim of this research is to know the increase of the student thematic result study by using thematic learning model to grade i students sdn 004 bunyu. the subject of this classroom research is the v. the classroom research is done in 2 cycles. each of them consists of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. the data gathering techniques used are test and observation. the result study of science in cycle 1 has the exhaustiveness to 55% where there are 6 students are accomplished and 5 students do not reach the minimum exhaustiveness score. while in cycle ii the classical exhaustiveness learning reach 82% where there are 9 students are accomplished and 2 students that is not reach the minimum exhaustiveness score, bahasa indonesia cycle 1 has the classical exhaustiveness learning student 64% where 7 students are accomplished and 4 students that do not reach the minimum exhaustiveness score. in cycle ii the classical exhaustiveness learning student reach 100% where 11 students are accomplished and not reach minimum exhaustiveness score. cycle 1 in math the classical exhaustiveness learning is 45% where 5 students have the classical exhaustiveness learning and 6 students do not reach the minimum exhaustiveness score. while in cycle ii classical exhaustiveness learning student reach 91% where 10 students are accomplished, and 1 student do not reach minimum exhaustiveness score. the conclusion of this classroom research is the research by using in thematic learning to student grade i sdn 004 bunyu increases the result study in lesson self-theme. keywords: result study, thematic, self-theme