UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Daur Air Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 001 Peso Hilir

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Daur Air Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 001 Peso Hilir

Pengarang : Rudi Kira

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa konsep daur air melalui pendekatan scientific pada siswa kelas v sdn 001 peso hilir. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 26 maret sampai 3 april 2014. subyek penelitian adalah siswa kelas v sdn 001 peso hilir dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi,angket dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. bentuk tes isian dan bersifat individu. soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas v sdn 001 peso hilir dalam materi konsep daur air menggunakan pendekatan scientific. hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 70,89 dan 86,42. dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa adalah melalui pendekatan scientific sangat tepat.

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi