UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 010 Tanjung Palas Timur Tahun PembelajaraN 2014/2015

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 010 Tanjung Palas Timur Tahun PembelajaraN 2014/2015

Pengarang : Nurul Nisa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pada tema diriku menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas 1 sdn 010 tanjung palas timur. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian tindakan kelas (pt)ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masingmasing empat komponen yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus 1 yaitu 42% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 58% siswa tidak tuntas. mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu 83% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang belum tuntas hanya 17%. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus 1 yaitu 33% siswa telah tuntas sedangkan 67% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus ii pada aspek afektif yaitu 83% siswa telah tuntas sedangkan hanya 17% siswa tidak tuntas. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus 1 yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 42% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 58% mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu siswa yang tuntas yaitu 75% dan tidak tuntas hanya yaitu 25%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema diriku di kelas 1 sdn 010 tanjung palas timur tahun 2014/2015. kata kunci: hasil belajar, pendekatan scientific, tema diriku

Abstrak Indonesia

This study aims to improve student learning outcomes in the girl theme scientific approach in class 1 elementary school 010 east tanjung palas. this type of research is used by researchers is classroom action research (car). classroom action research (car) is carried out in two cycles, each of the four components of the planning (planning), action (action), observating (observation), and reflecting (reflection). data collection techniques used were tests and non-test. the data collection instrument used was a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets, and observation of student activity sheets in the management of learning. average completeness results in the classical student learning in the psychomotor aspects of the first cycle is 42% of students found to have completed while 58% of students do not complete. has increased in the second cycle is 83% of students have declared complete unfinished while only 17%. average completeness results in the classical student learning on the affective aspects of the first cycle is 33% of students have completed while 67% of students did not complete the second cycle increased the affective aspects of the 83% of students have completed while only 17% of students do not complete. average completeness results in the classical student learning in the cognitive aspects of the first cycle that students who have completed the 42% who did not complete while 58% experienced an improvement in the second cycle students who completed the 75% and is 25% complete. based on the results of this study concluded that by implementing the use of a scientific approach can improve student learning outcomes girl in themes in class 1 elementary school 010 east tanjung palas year 2014/2015. keywords: learning outcomes, scientific approach, myself theme