UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Bagian Tumbuhan Dengan Fungsinya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Tengah

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Struktur Bagian Tumbuhan Dengan Fungsinya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Kelas IV SDN 006 Tanjung Palas Tengah

Pengarang : Nurhaeni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi stuktur bagian tumbuhan dengan fungsinya melalui pendekatan scientific pada siswa kelas iv sdn 006 tanjung palas tengah semester i tahun pelajaran 2014/2015. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas iv sdn.006 tanjung palas tengah dengan jumlah siswa 14 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang berbentuk isian dan uraian,mengunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 48% dari kriteria ketuntasan minimum 68. setelah dilakukan tindakan pada siklus i dan siklus ii, pembelajaran meningkat dari 64,29% ke 92,86% aspek kognitif, 85,71% menjadi 92,90% aspek sikap, dan 57,14 menjadi 100% aspek kognitif. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan pembelajaran ipa pada siswa kelas iv sdn 006 tanjung palas tengah. kata kunci: pendekatan scientific, struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya, hasil belajar

Abstrak Indonesia

This study aims to improve student learning outcomes plant parts with the material structure functions through a scientific approach in grade iv sdn 006 tanjung palas tengah first semester of the school year 2014/2015. this type of research is classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. which is the subject of research is a class iv sdn.006 tanjung palas tengah with the number of students 14 people. data collection was performed by using the test results in the form of student learning stuffing and descriptions, using observation sheet activities and teacher observation of student activity sheet in the learning process. the analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. the results showed an improvement in student learning outcomes. it can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action in the classical learning completeness reached only 48% of the minimum completeness criteria 68. after the action in the first cycle and the second cycle, the learning increased from 64.29% to 92.86 cognitive%, 85.71% to 92.90% aspects of attitude, and be 100% 57,14 cognitive aspects. it can be conclusion that use a scientific approach can improve science teaching in grade iv sdn 006 tanjung palas tengah. keywords: scientific approach, the structure of parts of the plant to function