
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas VI SDN 001 Peso
Pengarang : Martinus Alung
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas vi sdn long peso dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yakni tanggal 5 mei 2014 siklus 1 dan 8 mei 2014 siklus ii semester genap 2013/2014. masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar aktifitas pengamatan guru. hasil belajar siswa pada siklus i mencapai ketuntasan yaitu sebesar 60,71% dari 28 siswa sedangkan siklus ii meningkat menjadi 85,71% dari 28 siswa. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa sdn 001 peso, karena nilai-nilai siswa telah memenuhi indikator kerja dan mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.
Abstrak Indonesia
The classroom action research (car) aims to increase the result of mathematic study of students class vi sdn 001 long peso by using in learning method with scientific approach. this research by using 2 cycle on may, 5 2014 in first cycle and on may, 8 2014 in second cycle in second semester 2013/2014. each cycle consist of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting, instrument of collecting data that used is the test result, observation sheet for the students activities, observation sheet for the eachers in learning management. the result of study in first cycle reached 60.71% from 28 students and in second cycle reached 85,71% from 28 students. based on the result of data analysis that concluded of the effect in using in learning method with scientific approach to result of study in mathematic student of sdn 001 peso, because the student score had reached indicators and criteria of success.