
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Lambang Bilangan Romawi Dengan Cara Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Peso
Pengarang : Lintam Incin
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas iv sdn 006 peso dengan menggunakan metode pembelajaran demontrasi. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yakni siklus i tanggal 5 mei dan 6 mei 2014, siklus i1 8 mei dan 9 mei 2014. semester genap 2013/2014. masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar aktifitas pengamatan guru. hasil belajar siswa pada siklus i mencapai ketuntasan yaitu sebesar 38.46% dari 13 siswa sedangkan siklus ii meningkat menjadi 84.61% dari 13 siswa. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demontrasi terhadap hasil belajar matematika siswa sdn 006 peso, karena nilai-nilaisiswa telah memenuhi indicator kerja dan mendapat nilai di atas kriteria ketuntasan maksimal. kata kunci: metode demonstrasi, hasil belajar
Abstrak Indonesia
The purpose of this research was to improve student’s learning achievement on social science at grade iv sdn 006peso through demonstration learning metode. this research was conducted in two cycles. the first cycle was conducted on 5 may 2014 and the second cycle was conducted on 8 may 2014 on the second semester of academic year 2013/2014. each cycle consists of four phases or stages that was planning. acting implementing, observing, reflecting. the instruments used to collect data were achievement test and observation sheets for teacher and students. the learning achievement of students in cycle on achieved the indicator of success 39.46% from the 13 students whereas in cycle two student’s learning achievement increased to 84.61% from the 13 students. based on the data analysis technique, it could he concluded that the use of demonstration learning metode can improve student’s learning achievement on social science at grade iv at sdn006 peso. it was proved by the scores of students which fulfill the indicator of success and the criteria of minimum competence. keywords: demonstration learning metode, learning achievement