UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sederhana Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Tanjung Selor

Pengarang : Lidang

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Berdasarakan hasil observasi, pada siswa kelas iv sdn 006 tanjung selor ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, 2) siswa tidak berani bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami matei pelajaran, 3) hasil belajar siswa yang masih kurang, 4) saat diberikan tugas siswa sering tidak menyelesaikannya. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 006 tanjung selor pada semester ii tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 006 tanjung selor. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi bangun ruang sederhana menggunakan metode pembelajaran demonstrasi di kelas iv sdn 006 tanjung selor. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus tediri atas 2 kali pertemuan, instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penelitian aspek afektif, dan tes hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i pertemuan pertama dengan nilai rata- rata 630, pertemuan kedua dengan nilai 705, dan pada siklus ke ii pertemuan 1 dengan nilai 740, pertemuan kedua dengan nilai 785. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. berasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sederhana siswa kelas iv sdn 006 tanjung selor. kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi, bangun ruang sederhana

Abstrak Indonesia

Based on observations, the fourth grade students of sdn 006 cape selor found any problems, namely 1) students pay less attention to the teacher's explanation, 2) students did not dare to ask even if the student did not understand the subject matter, 3) student learning outcomes are still lacking, 4) when given the task students often do not finish it. the type of research that is used is use by researchers is classroom action research (car) held in capes selor sdn 006 in the 2 and half of the school year 2013/2014, the research subjects were 006 fourth grade students of sdn tanjung selor. researchers aim to improve learning outcomes mathematics cognitive, psychomotor buill spece class iv sdn tanjung selor. research was conducted in two cycles with each cycle consisting of to obtain data on student growth is the observation of student behavior, psychomotor aspects of research, and the achievement test. this can be seen from the results obtained in each cycle, the of first meeting with an average value of 630 the second meeting with a value of 705, and in cycle 2 with the value 740, the second meeting with the value 785. it can be said that research has successfully and in accordance with the indicators of success. keywords: learning outcomes, method of demonstration buill spece simple