UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Bantuan Alat Peraga Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 016 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Bantuan Alat Peraga Kartu Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 016 Tanjung Palas

Pengarang : Kumala

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengurangan bilangan bulat menggunakan pendekatan scientific dengan bantuan alat peraga kartu bilangan pada siswa kelas iv sdn 016 tanjung palas. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 24 pebruari sampai 6 maret 2014. subyek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 016 tanjung palas dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki. pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. bentuk tes isian dan bersifat individu. soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas iv sdn 016 tanjung palas dalam materi pengurangan bilangan bulat menggunakan pendekatan scientific dengan bantuan alat peraga kartu bilangan. hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 61,66 dan 87,50. dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika adalah melalui pendekatan scientific sangat tepat.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve learning outcomes integer math material reduction using a scientific approach with the help of props card number on 016 fourth grade students of sdn tanjung palas. this type of research is classroom action research (car). the experiment was conducted for 10 days from february 24 until march 6, 2014, subjects were 016 fourth grade students of sdn tanjung palas by the number of students as much as 6 students consists of 6 boys. the collection of data obtained from the observation, questionnaire and achievement test at the end of each cycle. the shape and nature of individual field tests. problem created by researchers and adapted to the learning objectives have been formulated. results of analysis showed that there was an increase in learning achievement sdn 016 fourth grade students in a material reduction of tanjung palas integers using a scientific approach with the help of props card numbers. it can be seen from the average values were achieved by students is 61.66 and 87.50. thus, one of the efforts that can be done to improve student learning outcomes in mathematics learning mathematics is very precise scientific approach.