
Meningkatkan Hasil Belajar Sains Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Kecamatan Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan
Pengarang : Jalai
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Dalam upaya peningkatan hasil belajar berbagai cara telah dilakukan, diantaranya penijauan kembali penggunaan metode dalam menyampaikan pelajaran. namun kadang metode yang diterapkan masih belum mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran. persoalan itu disebabkan oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam tiap mata pelajaran. untuk mengatasi hal itu peneliti melakukan tindakan penelitian kelas khususnya dalalm mata pelajaran sains/ipa guna meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi. tujuan penelitian ini adalah untuk mengkongkritkan pembelajaran dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran sains, agar dapat memberikan secara langsung pengalaman dalam kegiatan pembelajaran sehingga lebih memberikan penanaman konsep ataupun materi dalam pikiran/ ingatan siswa dan peningkatan kemampuan guru dalam mengorganisasikan kelas. subjek penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 001 desa pimping tahun pembelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 22 orang, sedangka objeknya adalah penerapan metode demonstrasi dan hasil belajar. nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tindakan kelas (ptk) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. berdasarkaan hasil evaluasi data hasil belajar melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus i, siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 64,2 dan pada siklus ii, diperoleh nilai rata-rata 74,5. kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran sains/ipa. kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi