
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 003 Peso
Pengarang : Ingan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat dengan subjek penelitian tindakan kelas (ptk) siswa kelas iv sdn 003 peso. penelitian tindakan kelas (ptk) ini sebanyak 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek aktivitas untuk semua aspek diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 15.33%. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus i 50% meningkat menjadi 83% pada siklus ii dan persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 50% meningkat menjadi 83% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika pada siswa kelas iv sdn 003 peso dapat meningkat hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, matematika, metode demonstrasi
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi