
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat Tahun Pembelajaran 2014-2015
Pengarang : Hendra Setiawan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific merupakan suatu penyajian pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatunya. proses pembelajaran dengan pendekatan scientific disajikan dengan tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring. penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2014/2015 di kelas iv sdn 007 tanjung palas barat dengan subjek penelitian 12 siswa. penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan dari setiap siklus, di akhir setiap siklus dilakukan tes pemahaman materi siswa terhadap materi pelajaran. teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan keterampilan siswa, pengamatan sikap siswa dan pengamatan keterampilan mengajar guru. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus i sebesar 66,6% sedangkan pada siklus ii mencapai 83%. pengamatan sikap siswa pada siklus i yaitu 62,1% dan pada siklus ii 70,5%. rata-rata keterampilan siswa pada siklus i sebesar 80,5% dan pada siklus ii menjadi 80,8%. sedangkan keterampilan mengajar guru pada siklus i yaitu 77,3% dan pada siklus ii 85,5%. berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa subtema bersyukur atas keberagaman di kelas iv sdn 002 tanjung palas barat tahun pembelajaran 2014/2015. kata kunci: pendekatan scientific, pembelajaran tematik, hasil belajar
Abstrak Indonesia
Thematic learning approach to scientific is a learning presentation that brings together some of the subjects with a unifying theme. scientific approach to the learning process is presented with stage observe, ask, try, reasoning, establishing networks. the experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in class iv sdn 007 tanjung palas barat with 12 student research subjects. the study was conducted by two cycles consisting of three meetings of each cycle, at the end of each cycle tests students' understanding of the material on the subject matter. data collection techniques such as observation sheets observation skills of students, observations of students 'attitudes and teaching skills of teachers' observations. based on the research that has been conducted, the percentage of completeness of learning outcomes in the first cycle of 66.6%, while in the second cycle was 83%. observation of students' attitude in the first cycle is 62.1% and 70.5% in the second cycle. the average skills of students in the first cycle of 80.5% and in the second cycle becomes 80.8%. while the teaching skills of teachers in the first cycle is 77.3% and 85.5% in the second cycle. based on this study it can be concluded that the application of learning by using scientific approach can improve student learning outcomes subtheme thankful top diversity in class iv sdn 002 tanjung palas barat education year 2014/2015. keywords: scientific approach, thematic learning, learning outcomes