
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Keperluan Sehari-Hari Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Gambar Di Kelas III SDN 008 Peso
Pengarang : Fatmawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada tema keperluan sehari-hari dengan menggunakan model pembelajaran tematik berbantuan media gambar di kelas iii sdn 008 peso. penelitian tindakan kelas (ptk) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata aktivitas siswa untuk semua aspek yang diperoleh pada siklus i ke siklus ii meningkat sebesar 17,01. sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus i ke siklus ii. maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 58,33% meningkat menjadi 83,33% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penerapan model pembelajaran tematik dengan berbantuan media gambar pada tema keperluan sehari-hari di kelas iii sdn 008 peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: hasil belajar, tematik, media gambar
Abstrak Indonesia
Classroom action research (car) aims to increase the result of study on necessaries of life through thematic of learning model by using picture media in class iii of sdn 008. this classroom action research (car) by using 2 cycles, each cycle consist of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting. technique of collecting that used consist of 3 stages they are preparing, implementing and reporting. instrument of collecting data that used is the test result, observation sheet for the students’ activities, and observation sheet for the teachers in learning management. the average of students’ activity to all aspects that got in first cycle to second cycle reached 17,01%. meanwhile, the average of study result in cognitive aspects was increased from first cycle to second cycle. so, the percentage of learning achievement classically in first cycle reached 58,33% increased to 83,33% in second cycle. the conclusion of this classroom action research (car) is applied thematic of learning model by using picture media on theme of necessaries of life in class iii of sdn 008 peso could improve result of study of students. keywords: result of study, thematic, picture media