UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Bertanya Melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Kelas IV SDN 011 Malinau Kota Kabupaten Malinau

Meningkatkan Keterampilan Bertanya Melalui Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Kelas IV SDN 011 Malinau Kota Kabupaten Malinau

Pengarang : Dewi Aryani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Hasil observasi awal di sdn 011malinau kota, pada pembelajaran tematik kelas iv, siswa masih belum aktif bertanya dalam pembelajaran. untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu perbaikan pembelajaran yaitu dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific). tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan bertanya siswa subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas iv. jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian ini dilaksanakan di sdn 011 malinau kota kabupaten malinau pada kelas iv dengan jumlah siswa 34 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan saintifik (scientific) dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku. hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan keterampilan bertanya siswa pada siklus i yaitu 73% dan meningkat pada siklus ii menjadi 84%, dan pada hasil belajar siklus i diperoleh yaitu 75% dan meningkat pada siklus ii menjadi 87%. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific) dapat meningkatkan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa subtema keberagaman budaya bangsaku. dengan demikian, hendaknya guru dapat menerapkan pendekatan saintifik (scientific) dengan baik agar pembelajaran tematik khususnya subtema keberagaman budaya bangsaku yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran. kata kunci: keterampilan bertanya, keberagaman budaya bangsaku, pendekatan saintifik (scientific)

Abstrak Indonesia

Beginning observation result at grade iv 011 malinau state elementary school, in thematic learning for grade iv, students dont active to ask yet in learning process. overcoming this case needs a learning evaluation by implement scientific approach. the purpose of this research is to decribe increasing student’s asking ability in sub-theme the difference culture of my country at grade iv. kind of reasearch that implementing by is action class research. this research implemented in 011 malinau state elementary school at grade iv with 34 students. collecting data method that used is observation, test, interfiew. the result shows that by implementing scientific approach it increases student’s asking ability and study result in sub-theme the difference culture of my country. it proves by observe increasing student’s asking ability at the first cycle is 73% and increase at the second cycle become 84%, and for the first study result is 75% and increase at the second cycle become 87%. based on that research we can conclude by implementing scientific approach it increases student’s asking ability and study result in sub-theme the difference culture of my country. so, for teacher it's better to implement scientific approach in a good way so thematic learning process especially in sub-theme the difference culture of my country that applied can increase the student’s asking ability in learning process. keywords: asking ability, difference culture in my country, scientific approach