
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Gravitasi Bumi Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Kit IPA Seqip Di Kelas V SDN 002 Sekatak
Pengarang : Datu Bijaksana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2014Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa materi gaya gravitasi bumi di kelas v sdn 002 sekatak, kecamatan sekatak, kabupaten bulungan. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan selama empat (4) pertemuan pembelajaran, mulai tanggal 21 januari sampai 29 januari 2014. subjek penelitian adalah siswa kelas v sdn 002 sekatak, kecamatan sekatak, kabupaten bulungan, dengan jumlah siswa 20 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. metode demonstrasi berfungsi untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang afektif, kognitif, psikomotorik. siswa lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, meningkatkan kualitas pembelajaran, meletakkan dasar-dasar kongkret untuk berpikir. hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan, kemampuan, dan keterampilan pemahaman konsep gaya gravitasi bumi pada siswa kelas v sdn 002 sekatak. akhir siklus ii terdapat 100% atau sebanyak 20 siswa yang nilainya di atas 65 kriteria ketuntasan minimal (kkm).
Abstrak Indonesia
To the effect research to know how increase student studying result on ipa's learning gravitational force material earths at class v sdn 002 one toad, district one toad, bulungan's regency. observational action brazes (ptk). executed research up to four (4) learning appointments, from date 21st january until 29th january 2014. subject is research is student braze v sdn 002 one toad, district one toad, bulungan's regency, with student amount 20 students, consisting of 12 male students and 8 female students. demonstration method functions to render learning situation that affective, cognitive, psychomotor. easier student and fast catch aim, and material teaches, increasing learning quality, placing congkret's basics to think. result observation ling to point out that demonstration method can increase activebility, ability, and concept grasp skill gravitational force earths on student brazes v sdn 002 one toad. the end cycle ii. available 100% or as much 20 students that its above point 65 minimal thoroughness criterions (kkm).